Minggu, 06 Juni 2010

Movie Freak Corner ...

Title : The Shawshank Redemption
Directed by : Frank Darabont

Written by : Screenplay : Frank Darabont & Novel by: Stephen King
Starring : Tim Robbins , Morgan Freeman , James Whitemore , Bob Gunton

Apa yang akan dilakukan seorang jenius seperti Andrew 'Andy' Dufresne di dalam penjara Shawshank yang keras dan penuh liku? 'The Shawshank Redemption' lah jawabnya.

Andy ( Tim Robbins) adalah seorang bankir yang harus mengeyam pahitnya hotel prodero akibat tuduhan pembunuhan istri dan selingkuhan sang istri. Dalam waktu yang cukup lama Andy menghabiskan waktunya di penjara itu dan menjalani beragam kisah serta bersentuhan dengan pribadi- pribadi unik seperti , Red ( Morgan Freeman ) , Sipir Norton ( Bob Gunton ), Brooks ( James Whitemore ) , bahkan grup The Sisters yang senang menyodomi para napi baru. Terbiasa akan rutinitas penjara yang keras membuat Andy memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan napi lainnya, terlebih dengan Red yang memiliki pribadi yang hangat. Kecerdasannya pun dimanfaatkan para sipir untuk mengatur dan keuangan di Shawshank, serta dalam sekejab berhasil menjadi anak emas Norton dikarenakan sanggup mendorong pemerintah setempat untuk menyokong dana bagi peningkatan mutu perpustakaan dan demi meningkatkan kesadaran para napi akan ilmu. Sokongan bantuan terus mengali baik dalam bentuk buku baru maupun cek dalam nominal besar. Sayangnya hal itu dimanfaatkan Sipir Norton untuk melakukan pencucian uang dana dengan Andy sebagai tangan kanannya. Awalnya Andy tidak keberatan melakukan hal itu, hingga suatu hari Tommy ( Gil Bellows ), seorang napi baru, mengungkapkan fakta menyangkut keasus Andy dan bersedia bersaksi untuk Andy di pengadilan nanti. Namun, Norton merasa tidak setuju karena ia menganggap Andy akan membocorkan kasus cuci uangnya pada publik. Norton dan sipir lain lalu bertindak brutal pada Andy yang berontak hingga membunuh Tommy yang tidak bersalah. Dibawah berbagai tekanan itu, Andy lalu merencanakan pelarian luar biasa yang melibatkan lubang dinding yang telah digali selama 20 tahun dan pipa saluran pembuangan yang panjangnya mencapai 0,8 kilometer.

Film nominasi Piala Oscar ini berhasil menampilkan ironi dan sisi lain dari balik tembok Shawshank yang terlihat kokoh namun sebenarnya rapuh itu dalam rangkaian akting luar biasa 2 bintang utamanya , Tim Robbins dan Morgan Freeman, dan cerita unpredictable serta narasi yang dibawakan karakter Red sepanjang film berlangsung. Meski tergolong film yang cukup berat, posisi 72 dari 100 film Amerika terbaik sepanjang masa ini akhirnya akan membuat kita puas pada rangkaian adegan luar biasa yang terkandung didalamnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar